Jakarta, (BantenKita) – Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat melalui Fuel Terminal Bandung dan Fuel Terminal Cikampek meraih penghargaan dalam ajang Communitas Award 2024 yang digelar oleh _Association of Marketing and Communication Professionals (AMCP),_ Amerika Serikat. Penyerahan penghargaan dilakukan secara online.

Pada ajang tersebut, dua program _Corporate Social Responsibility (CSR)_ atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat menyabet penghargaan dalam kategori _Excellence in Corporate Social Responsibility,_ yakni Program LENTERA JIWA dan NAWACITA. Pengakuan dari penghargaan ini menunjukan pengakuan terhadap dampak positif bisnis Pertamina bagi masyarakat dan lingkungan.

Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga Eko Kristiawan, menyampaikan bahwa _award_ yang diterima oleh dua program TJSL tersebut merupakan bentuk penghargaan terhadap praktik bisnis berkelanjutan Pertamina Patra Niaga dalam program pengembangan masyarakat di sekitar wilayah operasional Regional Jawa Bagian Barat.

“Penghargaan yang diterima dari Communitas Award oleh kedua program TJSL tersebut merupakan apresiasi terhadap implementasi aspek _Environmental, Social, Governance (ESG)_ yang dijalankan dalam praktik bisnis berkelanjutan sesuai komitmen Pertamina Patra Niaga di wilayah Regional Jawa Bagian Barat ,” ungkap Eko di Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Communitas Award, yang diselenggarakan _Association of Marketing and Communication Professionals (AMCP),_ dan berpusat di Texas – Amerika Serikat, merupakan apresiasi di tingkat internasional yang diberikan kepada perusahaan yang menunjukkan kepeduliannya pada komunitas. Pemenang Communitas Awards dievaluasi berdasarkan tingkat dan efektivitas program, serta kontribusi yang telah diberikan kepada masyarakat melalui program _Corporate Social Responsibility (CSR)_ yang telah dikembangkan.

Lebih lanjut Eko menjelaskan bahwa program Lentera Jiwa yang memperoleh penghargaan dalam kategori _Excellence in Corporate Social Responsibility_ tersebut merupakan sebuah program pemberdayaan masyarakat yang dijalankan oleh Fuel Terminal Bandung yang berfokus kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sudah pulih agar berdaya. 

“Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan berupa rehabilitasi berbasis masyarakat, dimana masyarakat sekitar berperan penting dengan cara menghilangkan stigma negatif serta membantu ODGJ yang sudah pulih memiliki keberfungsian sosialnya dengan mengajak mereka melakukan aktifivas sehari – hari di lingkungannya seperti ikut bertani, berternak, dan berdagang,” paparnya.

Sementara itu, Program Pesona Walahar Creative Destination (NAWACITA) yang juga memperoleh penghargaan dalam kategori _Excellence in Corporate Social Responsibility_ dijalankan oleh Fuel Terminal Cikampek 

“Nawacita merupakan program pemberdayaan kreatif pemuda yang berada di Desa Walahar, Karawang. Program ini diinisiasi untuk mendukung kemandirian Masyarakat dalam mengembangkan potensi dan sumber daya local melalui pengelolaan wisata Danau Cinta. Program ini juga mendorong pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan melalui dukungan energi terbarukan dengan menggunakan panel surya dan biogas eceng gondok,” tutup Eko.

Pertamina terus berkomitmen mendorong Pembangunan berkelanjutan melalui program yang berdampak pada capaian _Sustainable Development Goals (SDGs)._ Selain itu, Pertamina juga berfokus pada aspek sosial dan tata kelola yang baik, dengan memastikan operasi yang berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan serta masyarakat sekitar.  (Rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *