Tangerang(Bantenkita)- Tuan rumah Pekan Paralympic Pelajar Daerah (PEPARPEDA) VIII Banten yaitu Kota Tangerang sukses meraih gelar juara umum dengan total raihan 41 medali.

Kemenangan ini, menjadi gelar juara umum ketiga kalinya bagi Kota Tangerang, yaitu pada ajang PORPROV VI 2022, POPDA XI 2024 dan PEPARPEDA VIII Banten 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin menyambut gembira torehan prestasi kontingen Kota Tangerang ini.

Moment ini menjadi sejarah baru bagi Kota Tangerang yang tak hanya sukses mengawinkan gelar juara umum antara POPDA XI dengan PEPARPEDA VIII Banten, tapi hattrick juara umum pada PORPROV VI Banten 2022 lalu.

“Alhamdulillah, bangga dan bersykur, Kota Tangerang di segala event olahraga yang digelar telah dinyatakan sukses sebagai penyelenggara dan membuktikan sukses secara prestasinya. Semoga, event-event olahraga ini bisa menjadi bukti bahwa Kota Tangerang mampu menjadi lumbung atlet berprestasi untuk Provinsi Banten,” ujar Nurdin dalam keterangannya.

Ia pun berharap, Provinsi Banten dan lini Kementerian terus mempercayai Kota Tangerang sebagai tuan rumah event-event besar.

“Karena memang, secara infrastruktur Kota Tangerang telah memadai, baik itu Stadion Benteng Reborn maupun GOR dan venue-venue olahraga lainnya telah memenuhi standar. Sport tourism di Kota Tangerang pun terus digaungkan,” kata Nurdin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Kaonang menjabarkan, pada ajang PORPROV VI Banten, kontingen Kota Tangerang berhasil meraih 638 medali, terinci 257 medali emas, 204 medali perak dan 177 medali perunggu.

Raihan ini mengalahkan Kabupaten Tangerang dengan 485 medali dan Kota Tangerang Selatan dengan 379 medali.

Sedangkan pada POPDA XI Banten 2024, kontingen Kota Tangerang berhasil menunjukkan dominasinya dengan 235 medali, terinci 94 medali emas, 74 medali perak dan 67 medali perunggu. Raihan ini mengalahkan Kota Tangerang Selatan dengan 206 medali dan Kabupaten Tangerang dengan 138 medali.

Terbaru, yaitu di PEPARPEDA VIII Banten dengan 41 medali, yaitu 18 medali emas, 12 medali perak dan 11 medali perunggu.

Kota Tangerang berhasil mengalahkan Kabupaten Lebak dengan 22 medali dan Kabupaten Tangerang dengan 26 medali.

“Terima kasih kepada seluruh atlet, official, pelatih, manager dan seluruh pihak yang terkait. Tak terkecuali terima kasih kepada masyarakat Kota Tangerang atas seluruh dukungannya untuk Kota Tangerang. Overall winner of three trophies, PORPROV VI, POPDA XI dan PEPARPEDA VIII Banten,” seru Kaonang.(ditya)

By Aditya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *